Tips Sederhana dan Aman dari Sengatan Listrik Di Rumah

Menggunakan listrik banyak kelebihan seperti memberikan penerangan bagi kehidupan, memberi kemudahan dalam melakukan usaha serta kelebihan-kelibahan lainnya. Disamping banyaknya kelebihan dan kegunaanya, tidak sedikit yang bersifat merugikan, seperti kebakaran, menyebabkan hilangnya jiwa (tersetrum listrik) dll. Merugikan ini karena tidak bijaknya dalam menggunakan energi listrik ini, untuk itu kita sebagai pengguna utama kelistrikan saatnya kita tahu mengenai penggunaan listrik yang aman.

Ada beberapa cara yang dapat di gunakan sebagai referensi dalam menanggulangi bahaya dari kelistrikan, yaitu :

Janganlah menumpuk stop kontak pada satu sambungan listrik. Hal ini menyebabkan sambungan listrik mengalami pemanasan yang berlebihan, sehingga jika bahan yang di gunakan tidak tahan terhadap panas tersebut, akan menyebabkan lelehan dan menjadi percikan api.

Gunakan pemutus arus listrik (sekering) yang sesuai dengan daya tersambung tanpa melebihi dan mengurangi.

Kabel yang terpasang dalam rumah atau gedung tertutup rapat dan jangan ada yang mengelupas, diantara sambungan kabel harus benar-benar tertutup. Selain itu juga berfungsi untuk melindungi dari sengatan listrik.

Jauhkan sumber-sumber listrik seperti saklar, sambungan listrik, kabel-kabel listrik. Gunakan standar pengamanan pemasangan sumber tersebut, sehingga tidak membahayakan dan terhindar dari sengatan, terutama untuk anak-anak.

Gunakanlah material listrik, seperti kabel listrik, tusuk kontak listrik,saklar listrik yang terjamin kualitasnya sesuai dengan standar. Standar dari material listrik tersebut biasanya bertuliskan Standar Nasional Indonesia (SNI), Lembaga Masalah Kelistrikan atau SPLN (standar PLN).

Segera pangkas pohon, ranting-ranting di dekat rumah jika sudah mendekati jaringan listik.

Hindari pemasangan alat-alat listrik yang membahayakan jaringan listrik, seperti pemasangan atnena listrik mendekati jaringan listrik.

GUnakan listrik secara jujur, dengan tanpa mencuri listrik (menyantol) , mengakali KWH meter, atau menggunakan listrik secara tidak sah . Pemasangan yang tidak sesuai standar sangat membahayakan pengguna.

Berhati-hati dan selalu memberikan pengarahan kepada yang tidak mengerti kelistrikan agar selalu waspada ketika berada di dekat jaringan listrik.

Selain banyak manfaatnya dari listrik, ada beberapa bahaya yang harus di hindari, berikut sebagian cara-caranya adalah sbb:

Jangan bermain layang-layang di sekitar jaringan kabel listrik.

Perhatikan putra-putri Anda di rumah, jangan biarkan mereka memainkan kabel atau stop kontak listrik.

Jangan lupa Anda mematikan setrika, bila tidak dipakai.

Jangan membakar sampah tepat di bawah jaringan kabel listrik.

Jangan menyambung sekering yang telah putus dengan serabut kawat, gantilah dengan yang baru.

Putuskan aliran listrik dari Alat Pembatas dan Pengukur (APP) bila rumah Anda kebanjiran/kebakaran.

Potonglah ranting pohon bila menyentuh kabel listrik di sekitar rumah Anda.

Jangan mengaliri arus listrik pada pagar rumah Anda, demi alasan keamanan.

Jangan menangkap ikan di empang dengan cara menggunakan aliran listrik ke dalam empang.

Periksa dan gantilah instalasi listrik rumah Anda jika telah berumur 5 tahun.

Jika Anda melihat kabel putus pada tiang listrik, jangan disentuh sebaiknya menjauhlah dan laporkan secepatnya ke Kantor Area Pelayanan PT PLN (Persero) terdekat.

About Global Muslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement