Salatiga Dinobatkan Sebagai Kota Paling Toleran se-Indonesia

Salatiga Dinobatkan Sebagai Kota Paling Toleran se-Indonesia

Fikroh.com – Salatiga dinobatkan sebagai kota paling toleran se-Indonesia, dalam ‘Indeks Kota Toleran Award 2020’. Salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah–berbatasan dengan Kabupaten Semarang–itu meraih skor 6,717.

Penghargaan tersebut diberikan oleh SETARA Institute for Democracy and Peace, di Hotel Ashley, Jakarta Pusat, Kamis (25/2) kemarin.

Inspektur Jenderal Kemendagri Tumpak Haposan Simanjuktak, mewakili penyerahan tropi kepada Wakil Wali Kota Salatiga Muhammad Haris.

Mengaku bersyukur, Haris, menyatakan penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras dan kerja sama Kota Salatiga dengan masyarakat.

“Terima kasih kepada SETARA Institute, atas penghargaan yang luar biasa ini,” tutur pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPW PKS Jawa Tengah itu.

“Kami persembahkan penghargaan ini kepada warga Kota Salatiga yang selalu hidup rukun dan menjunjung tinggi toleransi,” imbuhnya.

“Berbagai suku, etnis, agama, dan budaya, hidup berdampingan di miniatur mini Indonesia ini, yaitu Kota Salatiga,” sambung Haris.

Berikut 10 besar daftar Indeks Kota Toleran Award 2020:

  1. Salatiga,
  2. Singkawang,
  3. Manado,
  4. Tomohon,
  5. Kupang,
  6. Surabaya,
  7. Ambon,
  8. Kediri,
  9. Sukabumi, dan
  10. Bekasi.

Acara bertajuk ‘Launching dan Penghargaan Indeks Kota Toleran Award’ itu berlangsung secara daring–melalui aplikasi zoom–dan luring terbatas bagi pejabat dan jurnalis.

Selain Tumpak Haposan, hadir pula Deputi 5 BPIP Rima Agristina, dalam kegiatan tersebut.

Termasuk Wakil Ketua Badan SETARA Institute Bonar Tigor Naipospos, dan Direktur Eksekutif SETARA Institute Ismail Hasani.

About Global Muslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement