Untitled Post

 The Return of The King

————————————————-

Ini adalah Film fantasi terlaris sepanjang masa dari seri kolosal LOTR. Ada hobbit, raksasa, raja-raja, penyihir, peri, monster, dan Smeagol. Seri terakhir dari LOTR ini, Aragorn (tokoh utama) memimpin bangsanya yang terdiri dari hobbit (manusia kate), sejumlah panglima & pejuang mengalahkan Kerajaan penyihir yang berisi tentara dari kalangan monster, raksasa, dan penyihir hitam pimpinan Saruman. Aragorn ini pada asalnya pejuang biasa. Dia merupakan keturunan bangsawan Gondor yang mengasingkan diri ditengah masyarakat. Sedangkan Gondor saat ini dipegang oleh raja yang sebetulnya ga layak dan ga berhak. Tugas mulia mereka satu, menghancurkan cincin yang mengandung sihir jahat.  

Film fantasi, sebetulnya sering mengadopsi legenda lama. Raksasa, raja-raja, penyihir, perang raksasa vs manusia kerdil, semua memang pernah ada era-nya dulu, setidaknya kita temukan dalam quran, juga bibel, juga taurat. Minus monster & naga tentunya. Tapi the return of the king bukanlah ga ada referensi sejarah aslinya…

Kita punya kisah penyerbuan terhadap bangsa raksasa, sebagaimana diisyaratkan dalam Al-maidah: 22, kisah Daud vs Jalut Al Baqarah:251, dan  dan gambaran tentang kaum Aad Al fajr:6 (lihat image). Bangsa raksasa yang ingin diserang kaum Musa AS disebut dalam bibel sebagai raksasa Nephilim, yang perbandingannya dengan bangsa Musa seperti orang ketemu bocah balita. Sekali pernah ketangkap basah mata-mata nabi Musa, maka murid nabi Musa itu dimasukkan ke dalam kurungan segede ukuran kotak makanan mereka para raksasa. 

Zaman sekarang kita udah ga liat lagi raksasa, mereka punah melawan orang-orang kecil. Sekalipun mereka besar dan umur panjang, tapi mereka lamban, pemalas, dan kurang akal. Mereka mendiami wilayah yang kita kenal sebagai palestina. Umur dan tinggi manusia memang berkurang drastis sejak zaman nabi Ibrahim AS, mungkin raksasa Nephilim ini sisa zaman lama. Laju penurunan usia & tinggi ini tidak linier terhadap masa waktu, tapi lajunya mengikuti pola eksponensial atau logaritmik. Penurunan ini sebagai kompensasi laju pertambahan jumlah manusia yang juga mengikuti pola eksponensial. Klo jumlah manusia berlipat, tapi tinggi dan umur ga menyusut, terbayang betapa sesak dunia ini. Seleksi alam!

Tuhan menjanjikan Bangsa Israel satu nikmat yang tidak dimiliki bangsa lain, yaitu kehidupan mereka senantiasa dijaga dengan para Nabi & para Raja, lihat Al Maidah 20. Siklus raja & nabi ini berlangsung lestari untuk bangsa israel sampai terakhir dikirim nabi Isa. Ada kebiasaan yang berlaku pada Bani Israel, bahwa para Nabi selalu lahir dari keturunan Lawi (Levi – pernah dengan celana Levi’s?). Sedangkan raja, berasal dari keturunan Yahudza. Siapa Lewi & Yahudza? Kita perlu merunut dari mana nama Israel berasal. 

Israel adalah nama lain dari Nabi Yaqub AS sebagaimana disebut namanya dalam surat Ali Imran:93. Dari Yakub lah keturunan beliau setelahnya disebut Bani Israel. Yakub memiliki 12 anak dari empat istrinya, dengan Lawi sebagai anak pertama, lalu ada Yahudza. Dari istri beliau Rahil (atau Rachel) maka lahirlah anak ke sebelas, yaitu nabi Yusuf AS, dan adiknya Bunyamin. Maka wafat Rahil setelah melahirkan Bunyamin. Tentunya kasih sayang 3 ibu tiri, tidak seperti kasih sayang Ibu sendiri. Maka Yakub memberikan lebih perhatiannya kepada Yusuf & adiknya, Bunyamin, untuk menggantikan peran ibu kandung. Dari sini timbul kecemburuan dari para Ibu Tiri, karena perhatian Yakub kepada anak-anak mereka tidak seperti kepada Yusuf & Bunyamin. Lalu jadilah dasar dari kisah Yusuf yang agung tersebut dalam surat Yusuf, tentang terusirnya Yusuf ke negeri Mesir akibat kakak2nya. 

Tapi saya ingin bahas tema utama disini. Pada akhir kisah Yusuf AS, beliau meminta seluruh keluarganya, yaitu Nabi Yaqub, satu ibu tiri beliau yang tersisa, kakak beliau 10 orang dan keturunannya, datang ke istana firaun dan tinggal menetap di Mesir. Setiap 12 anak Yakub, melahirkan 12 suku yang besar yang disebut dengan asbath. Setiap generasi mereka, selalu Allah utus para nabi untuk mengajarkan taurat dan memerangi orang musyrik. Dan setiap Nabi setelahnya selalu lahir dari keluarga Lawi, mulai dari Musa AS, lalu kenabian diteruskan oleh murid beliau Yusya’ bin Nun (atau Joshua, namanya tidak ada dalam Quran, tapi disebut dalam kisahnya dalam Al Kahfi:60-63 dan Al maidah:23 & hadits “Nabi yang menahan matahari terbenam” dalam bukhari), dan nabi-nabi setelahnya semua berasal dari Lawi. 

Para nabi bani Israil bahu-membahu bersama raja untuk menegakkan agama & berperang. Para raja semua berasal dari suku Yehudza. Sampai satu masa beratus tahun setelah Musa AS, nabi tidak lagi diutus Allah & raja mereka pun beserta kerajaannya habis setelah kalah perang berkali-kali. Kekalahan ini adalah buntut dari dosa-dosa & pembangkangan Bani Israil sendiri, yaitu mendustakan perintah Allah, perintah Taurat, & membunuh para Nabi klo mereka ga setuju dengan Nabinya. Akhirnya mereka sering kali dikuasai kerajaan lain, harta mereka dirampas, keluarga mereka dibunuh, anak gadis diperkosa, dan macam-macam penghinaan lain.

Sampai terjadi suatu masa dimana keturunan Lawi tinggal menyisakan seorang wanita hamil, yang suaminya gugur karena perang. They have only one chance. Now or never. Kenabian harus diteruskan apapun resikonya, dan raja baru harus dipilih dan dilantik oleh Nabi ini. Para Nabi dahulu memang bertugas melantik setiap raja baru. Maka bermufakatlah para pembesar mereka untuk melindungi & menjaga wanita tersebut sampai lahir bayinya, yang diharap jadi penerus kenabian. 

Wanita tersebut dikurung di satu rumah dan rumah tersebut dijaga para pendekar dari segala marabahaya. Maka lahirlah bayi tersebut yang diberi nama Samuel atau Sam’un. Ini adalah mukadimah dari kisah Thalut, Daud & Jalut di Al-baqarah 246-251, untuk posting berikutnya insya Allah karena terlalu panjang.

Selanjutnya, klik disini:

The return of the King: I rise, you fall! https://bit.ly/2PXn5H7

Literasi:

-ayat2 quran, sila lihat gambar

-Shahih wa dhaif Tarikh Ath Thabari, Syekh Muhammad Barzanji

-Tafsir Ibnu Katsir

-wiki LOTR

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement