Makkah

Kota Makkah terletak di dasar sebuah lembah yang dikelilingi oleh gunung-gunung dari berbagai arah. Di sebelah timur terbentang Gunung Abu Qabis, di sebelah barat dibatasi oleh Gunung Qaiqa’an. Dua gunung tersebut memanjang berbentuk bulan sabit mengelilingi banguan-bangunan kota Makkah. 

Dataran rendah lembah itu dikenal dengan nama Al-Bath-ha’. ditengahnya terdapat Ka’bah yang dikelilingi oleh rumah rumah suku Quraisy. Adapun dataran tingginya dikenal dengan nama Ma’la. Sementara di ujung antara dua gunung yang membentuk bulan sabit itu, nampak rumah-rumah sangat sedehana milik kaum Quraisy pedalaman yang miskin dan suka melakukan tindak kekerasan, tetapi mereka tidak termasuk suku Quraisy yang berkembang baik dari segi budaya, kekayaan. maupun kedudukan. 

Adanya hubungan nasab antara Quraisy dengan Kinanah dimana Quraisy merupakan bagian dari suku Kinanah yang bertempat tinggal di dekat Makkah, menjadikan Makkah sebagai suatu tempat yang sangat strategis. 

Hubungan nasab itu semakin dipererat dengan memperbanyak perjanjian-perjanjian. Sementara orang-orang dari kabilah Al-Habsyi yang tinggal di dekat Makkah, adalah sekutu-sekutu Quraisy iuga. Mereka disewa untuk menjaga kafilah-kafilah Makkah. Sekutu sekutu itu semakin berkembang mencakup kabilah-kabilah yang terletak di jalur-jalur perdagangan Makkah menuju Syam, lrak dan Yaman.

Kaum Quraisy membayar mereka dengan upah tertentu dan mengajak tokoh-tokoh mereka bergabung dalam perdagangannya. Syarikat dagang ini diberi nama “Al-lilaaf” yang berarti perjanjian. yang dirintis oleh Hasyim bin Abdul Manaf. Bahkan posisi Hasyim bin Abdul Manaf semakin kuat dalam mendapatkan hak perdagangan di daerah-daerah Romawi dan Persia berkat inisiatif mengadakan kesepakatan, merumuskan perjanjian-perjanjian dengan pemimpin-pemimpin mereka. serta menempuh jalan tengah diantara dua kekuatan, Persia dan Romawi. 

Sumber pendapatan utama penduduk Makkah adalah dari perdagangan. Adapun perindustrian ketika itu masih sedikit, dan yang paling nampak adalah pabrik pembuatan senjata seperti tombak, pedang, baju besi, anak panah, dan berbagai macam jenis pisau. Kemudian juga ada pabrik tembikar dan kayu-kayuan untuk membuat rumah dan dipan-dipan. Demikian pula sumber-sumher pendapatan yang lain seperti menggembala kambing dan berburu juga cukup dikenal. 

Akan tetapi dunia perdagangan tetap menjadi tumpuan utama bagi ekonomi Makkah. Siasat perjanjian dan persekutuan di atas merupakan sebab utama bagi perkembangan kota Makkah. Sementara besarnya perkembangan modal banyak disebabkan oleh perpindahan dari perdagangan lokal kepada perdagangan antar negara (global). Pertikaian antara Persia dan Romawi cukup membantu perkembangan jalur-jalur perdagangan laut sebagai ganti jalur darat antara Irak dan Syam. Sementara barang-barang diangkut dari India ke Yaman. lalu Makkah dan kemudian Syam. 

Kafilah-kafilah itu semakin maju permodalannya dengan bergabungnya sejumlah besar penduduk Makkah yang menanamkan modalnya berupa saham. besar atau kecil sesuai dengan kondisi keuangan mereka. Begitu pula perdagangan tersebut cukup membantu memperkuat jalinan sosial penduduk Makkah, karena diikat dengan berbagai kepentingan terlebih ikatan kekeluargaan. 

Akan tetapi, kerjasama tidaklah mungkin terjadi tanpa adanya perbedaan status sosial, dimulai dari kelas sangat berada, lalu kelas menengah kemudian kelas papa. Sementara modal yang besar itu berada di tangan orang-orang kaya dan berkembang lebih pesat melalui perdagangan, dan memberikan pinjaman yang bersifat ribawi kepada orang-orang yang membutuhkan. Juga mengembangkannya melalui pertanian di Thaif yang letaknya berdekatan dengan Makkah. Demikian kondisi Makkah. diantara orang-orang kaya itu ada yang makan menggunakan piring besar yang terbuat dari emas dan perak sementara mayoritas penduduk Makkah pada saat itu dalam keadaan sengsara.

Perdagangan Makkah kadang-kadang ditempuh melalui jalur laut menuju jalur darat. Akan tetapi mereka belum memiliki armada laut untuk mengangkut perdagangan mereka. Mereka hanya memanfaatkan perahu-perahu Habasyah untuk menyeberang ke negeri Hahasyah. Adapun perahw perahu Romawi hanya sampai pada pelabuhan penduduk sebelum pindah ke Jeddah pada masa pemerintahan Utsman Dari negeri Habasyah. kaum Quraisy mengimpor kayu kemenyan. parfum, wol, gading gajah, kulit binatang, rempah-rempah, dan budak hitam.

Sementara dari Syam, kaum Quraisy mengimpor gandum, tepung, minyak, dan khamr. Dari India mengimpor emas, timah putih, batu permata, gading gajah, kayu cendana, rempah-rempah seperti bumhuchumbu, lada, dan yang sejenis dengannya, barang-harang tenunan dan sutra, kapas, katun, urjuwan (sejenis kayu gaharu), parfum super, zakt’aran, bejana-bejana yang terbuat dari perak, tembaga, dan besi. Sedangkan kaum Quraisy sendiri membawa beberapa produksi negeri arab seperti minyak, kurma mentah, wol, bulu unta, bulu binatang lainnya, kulit, dan minyak samin. 

Ekonomi perdagangan membutuhkan keamanan. Kaum Quraisy memiliki siasat kalem dan lemah lembut. tidak dengan cara unjuk kekuatan dalam rangka mencapai tujuan-tujuan dagangnya serta keamanan jalur perdagangannya di luar. Kaum Quraisy sama sekali belum pernah terlihat perang sebelum Islam datang, kecuali perang Fijar yang berlangsung empat kali dan perang itu hanyalah perang kecil serta bentrokan biasa, bahkan Rasulullah sempat menyaksikan kejadian yang terakhir yaitu perang Fijar ke empat. pada waktu itu usia beliau baru menginjak 20 tahun, dan Quraisy belum bisa mencapai kemenangan atas bangsa Arah dalam pertempuran tersebut. Dan yang cukup membantu Quraisy dalam menjaga keamanan adalah keberadaan Ka’bah, dimana orang-orang Arab yang berasal dari berbagai penjuru mendatanginya guna melaksanakan ibadah haji. Pada saat itu ka’bah masih dikelilingi berhala-bcrhala mereka yang jumlahnya 360 buah. Sebagiannya didatangkan oleh “Amru bin Luhay AlKhuza’i -orang yang pertama kali merubah agama Ibrahim & Dari Syam, seperti Huhal dan sebagian yang lain produksi lokal, bahkan sebagian lagi bukan buatan melainkan sebuah batu seperti lsaaf dan Nailah.

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement