Kuburan-kuburan bangsawan kekhalifahan Utsmaniyyah di Hagia Sophia

.

Dengan segala kekurangan-kekurangan Erdogan, peran dirinya dalam memunculkan suasana Islami di Turki harus diakui. Raja Salman Saudi termasuk yang memberikan pengakuan, meskipun hubungan Turki – Saudi saat ini sedang memanas.

.

Dulu, sekadar mengembalikan adzan ke bahasa Arab, setelah sebelumnya dimodifikasi Attaturk ke bahasa Turki: Perdana Menteri Adnan Menderes dikudeta hingga dihukum gantung oleh kaum sekularis.

.

Kini adzan nyaring terdengar di berbagai penjuru Turki. Wanita-wanita mulai banyak yang mengenakan jilbab. Bahkan, wanita yang berpakaian besar dengan warna gelap yang tak mencolok mulai sering terlihat biasa nampak di jalanan Istanbul.

.

Ketika tahun lalu meninjau para pengungsi Suriah di propinsi Rize, kami terkaget bahwa mereka mendapatkan tanah wakaf dari Turki, yang selanjutnya akan dibangun masjid dan mahad tempat belajar. Para pengungsi di Rize ini merupakan binaan murid-murid Syaikh Albani yang kerap datang langsung ke Rize untuk mengajarkan tauhid dan sunnah kepada mereka, seperti:

1. Syaikh Walid Saifunnashr وليد سيف النصر

2. Syaikh Abdul Malik Ramadhani فضيلة الشيخ عبد المالك بن أحمد رمضاني الجزائري

3. Syaikh Husain Al Awa’isyah

.

Kebijakan Erdogan dalam mengalihfungsikan Hagia Sophia kembali menjadi masjid, merupakan hal yang menunjukkan semangat keislaman, nampak dalam diri beliau.

.

Hanya saja, tidak kemudian serta merta kaum muslimin patut shalat di sana. Kuburan-kuburan Khalifah, istri, dan bangsawan-bangsawan Utsmaniyyan di Hagia Sophia cukup menggusarkan hati saya, mengingat pesan kanjeng Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

الأَرْضُ كُلُّهَا مَسْجِدٌ إِلاَّ الْمَقْبُرَةَ وَالْحَمَّامَ

“Seluruh bumi adalah masjid (boleh digunakan untuk shalat) kecuali kuburan dan tempat pemandian”

(HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, Ad Darimi, dan Ahmad)

===

Siapa tahu pemerintah Turki di kemudian hari membongkar kuburan-kuburan ini, maka alhamdulillaah.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *