Ini Adalah Cara Untuk Install Laptop dan Komputer Menggunakan Flashdisk

Cara install laptop dan komputer menggunakan flashdisk merupakan solusi terbaik bagi Anda yang tidak ingin menggunakan drive dalam bentuk kepingan CD.

Namun kabanyakan, tidak semua orang paham akan caranya. Bahkan, terkadang mereka lebih memilih untuk melakukan instalasi ke tukang service dari pada melakukannya sendiri.

Beberapa Cara Install Laptop dan Komputer Menggunakan Flashdisk

Dengan menggunakan bantuan drive master yang ada di flashdisk, Anda bisa menginstall Windows dengan berbagai macam versi secara cepat. Caranya pun cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut:

1. Cara Install Windows 7 Menggunakan Flashdisk

Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat ini pembelian perangkat komputer atau laptop tidak disertai dengan software instalasi resminya dalam bentuk DVD. Hal ini tentu menjadi sebuah masalah bagi mereka yang masih awam dan belum mengerti bagaimana cara menginstall sistem operasi Windows.

Dalam menyikapinya, kini banyak tutorial install laptop dan PC dengan menggunakan bantuan flashdisk. Alternatif ini dianggap lebih mudah karena pengguna tidak perlu membawa DVD instalasi. Adapun cara yang harus Anda lakukan yaitu:

  • Pertama, silakan Anda persiapkan flashdisk dengan kapasitas penyimpanan minimal sebanyak 8 GB untuk meletakkan master dari Windows all in one.
  • Selanjutnya, tancapkan flashdisk tersebut pada komputer lain yang telah ada software Rufus.
  • Buka software Rufus dan flashdisk tersebut akan secara otomatis terdeteksi.
  • Kliklah gambar CD Drive di sana untuk memilih lokasi file ISO downloadnya.
  • Pilihlah tombol open, maka secara otomatis Rufus akan merubah sistem file menjadi NTFS.
  • Semua data di dalamnya akan ditransfer ke dalam flashdisk.
  • Hal ini membutuhkan waktu lumayan lama, yakni sekitar 20 menit.
  • Jika proses transfer sudah selesai, maka flashdisk Anda sudah bisa digunakan untuk instalasi.

Setelah flashdisk sudah siap digunakan untuk menginstall, maka langkah berikutnya yakni melakukan setting BIOS agar bisa booting melalui flashdisk. Dengan cara:

  • Silakan restart laptop atau komputer Anda dengan cara menekan tombol “delete” agar masuk ke menu BIOS.
  • Setelah BIOS terbuka, maka pindahlah ke menu tab boot dengan menekan tombol panah bolak-balik.
  • Selanjutnya, komputer atau laptop akan melakukan booting pertamakali dari HDD.
  • Adapun cara agar komputer melakukan booting pertama dari flashdisk yakni dengan memilih removable device dan geser hingga berada di urutan paling atas.
  • Tekan F10 untuk menyimpan hasil setting.
  • Berikutnya, akan muncul menu instalasi Windows 7 di PC atau laptop Anda.
  • Silakan mengikuti langkah-langkah dari system dan nantinya Windows 7 akan terinstall secara otomatis.

2. Cara Install Windows 8 Menggunakan Flashdisk

Cara install laptop dan komputer menggunakan flashdisk berikutnya akan membahas mengenai instalasi dari Windows 8. Sebenarnya hampir sama dengan sebelumnya, hanya saja di sini langkah-langkahnya ada sedikit perbedaan karena versi operasi sistemnya tidak sama.

Dalam menginstal Windows 8 ini, ada beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti halnya, flashdisk, file ISO, dan juga software bootable. Setelah semuanya lengkap install Windows 8 di laptop dan PC siap dijalankan. Berikut ulasannya:

  • Melakukan burning file Windows 8 dengan membuka ImgBurn dan memilih create image file from disc.
  • Selanjutnya, silakan untuk membuat flashdisk bootable dengan memindahkan file dalam DVD ke dalam flashdisk dengan meng-klik begin copying
  • Tunggulah file ISO tersebut hingga tersalin semua dan bisa digunakan untuk menginstall Windows 8.
  • Jika proses berhasil, maka Anda akan melihat ikon bergambar flashdisk yang memiliki panah hijau.
  • Selanjutnya, lakukan saja proses instalasi dengan mengikuti langkah-langkah menekan tombol acak di keyboard.
  • Tunggu sampai proses instalasi berhasil dan dilanjutkan dengan pemasangan beberapa software pendukung lainnya.

3. Cara Install Windows 10 Menggunakan Flashdisk

Cara Install Windows 10 di laptop dan PC sama seperti halnya Windows 7 yakni menggunakan software Rufus seperti ulasan di atas.

Hanya saja, menginstall Windows 10 menggunakan flashdisk biasanya memerlukan waktu yang lebih lama. Hal ini disebabkan karena ukuran filenya cukup besar serta fitur di dalamnya juga semakin banyak. Di sarankan untuk menggunakan penyimpanan minimal 32 GB.

Di samping itu, Anda juga harus memastikan corrupt atau tidaknya file ISO Windows 10 yang dicopy dalam flashdisk. Jika ada masalah di dalamnya, maka kemungkinan besar instalasi akan gagal dan system operasi pun tidak bisa terinstall secara sempurna.

Apa saja Kelebihan Menginstal Windows Menggunakan Flashdisk

Sekarang ini tutorial instalasi Windows 7, 8, dan 10 dengan flashdisk semakin banyak dicari. Cara ini dinilai lebih efektif jika dibandingkan dengan melakukan instalasi menggunakan DVD secara langsung. Apa sajakah keunggulan-keunggulan tersebut?

Harga Lebih Terjangkau

Keunggulan yang pertama dari menggunakan flashdisk sebagai sarana instalasi Windows yakni karena harganya  terjangkau. Ini bisa dibeli dalam bentuk copyan dari para developer. Bahkan, terkadang teman Anda pun juga memiliki software tersebut.

Lain halnya jika menggunakan Windows yang original melalui DVD, maka harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Itu pun masih ada masa aktifnya sehingga harus melakukan proses instalasi secara berkala. Bahkan terkadang juga harus membeli lisensi lainnya.

Proses Lebih Cepat

Jika Anda menggunakan flashdisk untuk menginstal Windows berbagai versi, maka prosesnya akan berlangsung lebih cepat dan tidak ribet. Kisaran waktu yang dibutuhkan hanya berkisar 1 hingga 1,5 jam saja.

Hal itu sangat berbanding terbalik jika melakukan penginstalan dengan DVD. Waktunya bisa 3 jam karena harus melakukan back up data terlebih dahulu. Kejadian ini akan menimbulkan beberapa kerugian antara lain:

  • Terkadang Data dalam PC atau komputer terkadang error dan sebagian lagi bisa hilang.
  • Karena waktu yang terlalu lama, baterai cepat habis dan otomatis listrik pun boros.
  • Perangkat cepat panas.
  • Jika terjadi kesalahan instalasi, maka harus mengulangi dari awal.
  • Sistem Operasi Mudah Diupdate

Bagi siapa saja yang melakukan installsistem operasi menggunakan flashdisk, jika di kemudian hari harus melakukan update, maka akan sangat mudah dan cepat. Namun, untuk Windows 7 sudah tidak mengeluarkan versi terbarunya (berhenti update).

Jika Anda melakukan instalasi dengan DVD, saat melakukan update terkadang harus membeli OS baru dengan cara membayar. Untuk caranya sendiri memang tidak rumit, namun saat melakukan pembayaran lisensi tidak semua orang paham akan caranya.

Perhatikan Ini!

Saat melakukan instalasi dengan flasdisk, Anda harus memastikan bahwa perangkat tersebut benar-benar aman dari virus. Jika tidak, bukannya intalasi OS baru yang akan di dapat, melainkan virus baru yang akan menyebar.

Semakin berkembangnya teknologi, terkadang beberapa perangkat memiliki cara instalasi yang berbeda. Misalnya saja, tidak semua perangkat mengharuskan menekan F10, bisa saja F12 ataupun lainnya. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan beberapa penyesuaian dengan device yang akan diperbarui OS nya.

Demikianlah cara install laptop dan komputer menggunakan flashdisk dalam pembahasan kali ini. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan para pembaca sekalian. Dengan begitu, tidak perlu lagi pergi ke rental jasa instalasi dengan membayar biaya yang cukup mahal.

Please rate this

About Galih semar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *