Cara mengecek busi busi mobil, Begini langkah Langkah Nya

Panduan dan Cara Cek Busi Mobil dengan Benar

Cara mengecek busi busi mobil, Begini langkahnya.

beberapa halangan yang muncul berasal dari mobil nyendat sampai mesin mobil bergetar hebat merupakan indikasi berasal dari rusaknya pada busi.

Kerap kami ulas bahwa rusaknya atau gejala tidak normal pada mesin umumnya di karenakan oleh tiga hal yakni pengapian, Udara dan bahan bakar. untuk memastikan keadaan mana yang bermasalah maka kami wajib melaksanakan pengechekan satu eprsatu pada komponen itu.

Mesin mobil suntik yang generik di gunakan di masa sekarang miliki kode DTC rusaknya yang bisa di deteksi lewat scanner, tapi apabila kami tidak memiliki alat itu silahkan baca review scanner thinkdiag murah dan seksama yang dulu kita bahas pada postingan sebelumnya.

Apa tersebut busi?busi mobil merupakan salah satu komponen berarti di dalam platform pengapian mesin. busi syahdan berasal berasal dari bahasa Belanda yaitu bougie yang punya arti suku cadang yang dipasangkan pada mesin pembakaran di ujung elektroda ruang bakar. Busi sendiri merupakan titik akhir untuk memantikkan barah ke didalam ruang bakar sehabis injektro menyemprotkan bahan bakar.

Busi umumnya terbagi atas dua klasifikasi yaitu busi baku dan busi racing, keduanya punya kegunaan sama tapi memilii disparitas kapasitas percikan barah. Busi racing umumnya menyebabkan percikan barah lebih besar agar tak hanya pembakaran lebih paripurna tarikan mobil atau teaga mobil juga lebih mantap.

Gejala busi rusak atau lemah?lebih dari satu keadaan yang merupakan gejala pada salah satu busi yang lemah antara lain sebagai berikut :

1. Mesin ginjal atau pincang pada rpm rendah
2. Mesin susah di nyalakan
3. Mesin terasa nyendat nyendat atau ndut ndutan
4. Boros bahan bakar
5. Tenaga mobil ngempos atau berkurang drastis
6. Tidak kuat nanjak

Untuk mengecek busi mobil, maka kami perlu jelas karakteristik karakteristik busi rusak yang bisa di menyaksikan berasal dari ujung elektrona pada busi itu.

Cara cek suasana busi mobiluntuk memeriksa suasana busi pada mobil kami melakukan langkah berikut ini :

1. Buka kap mesin mobil
2. Buka Cover mesin (Umumnya mesin mobil tertutup dengan cover bertuliskan Vtech atau Vvti)
3. Lepaskan Baut pengunci Coil
4. Nyalakan Mesin pada RPM antara 1000 – 2000
5. Untuk mesin inline 4 silinder biasanya ada 4 busi sejajar yang etrpasang pada coil
6. Tarik satu persatu Coil dan rasakan disparitas getaran pada mesin
7. Jika ada salah satu yang tidak berubah getaran atau suasana mesin, coba tukar Coil atau businya degan coil/busi di silinder lain untuk memastikan mana yan rusak apakah coil atau busi
8. Jika telah di ketahui dimana kerusakannya, langsung ganti dengan yang baru
Suasana mesin yang baik akan menghasilkan getaran disparitas kompresi dan getaran piston antar silnder,tetapi getaran itu terlalu halus dan stabil tidak berubah ubah. jika mengalami mesin yang bergetar tidak layaknya biasanya alangkah baiknya langsung mengikuti vcara mengecek situasi busi mobil diatas.

Semoga artikel ini bisa mengimbuhkan kesadaran dan pengalaman untuk pedoman memperbaiki mesin mobil kami yang bermasalah.

Please rate this

About Galih semar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *