Basim, Salah Satu Pentolan ISIS Ditangkap Pasukan Turki

Basim, Salah Satu Pentolan ISIS Ditangkap Pasukan Turki

Fikroh.com – Salah seorang “Tangan kanan” mantan pemimpin kelompok Teroris Khawarij Takfiri ISIS al-Baghdadi, dengan nama “Basim” orang yang berasal dari Afghanistan telah ditangkap saat dia menyusup di Istanbul dalam operasi gabungan oleh intelijen dan polisi Turki.

Warga negara Afghanistan, yang hanya diidentifikasi dengan nama sandi Basim, ditahan di distrik Ataşehir di sisi Asia kota itu pada hari Rabu, menurut pernyataan polisi Istanbul.

Laporan berita tentang operasi bersama dengan badan intelijen Turki mengatakan tersangka telah terlibat dalam membantu menyembunyikan al-Baghdadi di provinsi Idlib Suriah setelah jatuhnya kelompok teror pada tahun 2019.

Basim dicurigai menyelenggarakan pelatihan untuk ISIS saat berada di Suriah dan Irak, serta bertugas di dewan pengambilan keputusan. Dia tiba di Turki dengan paspor dan kartu identitas palsu.

Pasukan keamanan Turki telah menangkap setidaknya 850 tersangka yang memiliki hubungan dengan ISIS dalam tiga bulan pertama tahun 2021, memberikan pukulan berat bagi kehadiran kelompok teroris tersebut di negara tersebut dan kegiatannya sejak pukulan berat Turki dalam serangan ke kubu pertahanan mereka di Al Bab Suriah tahun 2017. Sebagian telah dipulangkan paksa (Repatriasi) ke negara masing-masing. – Daily Sabah

Khawarij (Takfiri) sebagaimana disebut Hadits Nabi merupakan sebagian kelompok umat (rata-rata berusia muda, pendek akalnya) yang kelakuannya terhadap sesama Umat Muslim diluar batas perikemanusiaan. Bahkan menuduh sebagian Muslim sebagai “Kafir”. Nabi dalam Haditsnya justru menyatakan mereka kelompok sesat itu keluar dari Agama Islam sebagaimana anak panah yang melesat dari busurnya. 

Padahal ibadah dan bacaan Al Quran mereka sungguh bagus dan baik namun bacaan itu tidak keluar dari batas tenggorokan mereka (menjadi perilaku akhlaq yang baik). Semboyan merekapun bagus “Laa Hukma Ila Lillah” (Tiada Hukum kecuali Hukum Allah) namun menurut sahabat Nabi Ali Bin Abi Thalib ra cara yang mereka lakukan Bathil. Mencela dan menganggap rendah umat Islam diluar kelompok mereka biasa dilakukan termasuk kepada Khalifah Ali Bin Abi Thalib yang dicap mereka keluar dari Islam sehingga Khalifah Rashidin itu memerangi mereka dalam Perang Nahrawan. Tetapi sayang Khalifah Ali Ra akhirnya syahid oleh anggota mereka. Nabi dalam Hadistnya mewanti-wanti kelompok ini akan terus ada setelah berkali-kali ditumpas sampai pada akhir zaman ketika mereka datang kembali bersama Dajjal.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement