Ayat-ayat Tentang Rizki Manusia

Ayat-ayat Tentang Rizki Manusia

Fikroh.com – Allah sebagaimana sifatnya adalah dzat yang Maha Pemurah. Ia membagikan setiap hamba rizkinya masing-masing. Allah sendiri telah berjanji untuk menjamin kebutuhan hamba-Nya dengan rizki. Oleh karena itu Allah adalah Ar-Razzaq yakni yang Maha Pemberi Rizki.

Jika kita kaji Al-Quran maka akan kita temukan banyak sekali ayat yang berisi penjelasan tentang rizki. Berikut ini sekurang-kurangnya 8 ayat Al-Quran yang berbicara tentang rizki.

#1. Rizki Yang Telah Dijamin.

Dalam sebuah ayat Allah menegaskan bahwa rizki setiap makhluk di muka bumi ini telah dijamin. Allah berfirman

وَمَا مِن دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُّبِينٍ.

“Tidak ada satu makhluk melatapun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin ALLAH rezekinya.” (QS. Hud : 6)

#2. Rizki Hasil Usaha

Setelah jelas bahwa rizki setiap makhluk telah dijamin oleh Allah, namun ada rizki yang hanya bisa didapat dengan ikhtiar atau usaha. Allah berfirman:

وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَانِ إِلَّا مَا سَعَى…

“Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya.” (QS. An-Najm : 39). 

#3. Rizki Karena Bersyukur

Diantara ayat Al-Quran yang berisi keterangan tentang rizki adalah surat ibrahim ini. Allah berjanji akan menambah rizki jika seorang hamba mau bersyukur. Allah menjelaskan:

لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ…

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu.” (QS. Ibrahim : 7)

#4. Rizki yang Tak Terduga (min haitsu laa yahtasib)

Kita mungkin sering atau pernah dapat uang tanpa diduga-duga sebelumya. Jangan salah ternyata rizki semacam ini hakikatnya pemberian dari Allah melalui tangan hamba-Nya yang kita tidak tahu. Allah berfirman:

وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ.

“Barangsiapa yang bertakwa kepada ALLAH niscaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” (QS. At-Thalaq : 2-3).

#5. Rizki Sebab Istighfar

Ada satu amalan yang jika dibaca akan mendatangkan rizki. Inilah kalimat istighfar. Istighfar bisa mendatangkan rizki dibaca, Allah berfirman:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا.

“Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta.” (QS. Nuh : 10-11).

#6. Rizki Sebab Menikah.

Kita sering khawatir sebelum menikah, bagaimana cara mencari nafkah dan dari mana. Tapi ternyata Allah maha pemberi rizki, justru nikah bisa menjadi jalan datangnya rizki. Allah berfirman:

وَأَنكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِن يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِن فَضْلِهِ.

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka ALLAH akan memberikan kecukupan kepada mereka dengan kurnia-Nya.” (QS. An-Nur : 32). 

#7. Rizki Melalui Anak

Orang tua kita sering mengatakan ‘rizki anak’ ya sepertinya ungkapan ini tidak salah jika rizki anak kita sandarkan pada si anak yang seolah membawa rizkinya sendiri-sendiri. Allah berfirman:

وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ نَّحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ.

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu kerana takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu.” (QS. Al-Israa’ : 31). 

Baca juga: Banyak anak, Banyak Rizki

#8. Rizki dengan Sedekah

Terakhir rizki yang disebutkan dalam al-quran adalah rizki yang didapat dari sedekah. Meskipun saat bersedekah niat lillahi Ta’ala. Namun ternyata Allah akan membalas dengan balasan yang banyak. Allah swt menjelaskan:

مَّن ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً.

“Siapakah yang mahu memberi pinjaman kepada ALLAH, pinjaman yang baik (infak & sedekah), maka ALLAH akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak.” (QS. Al-Baqarah : 245)

Demikian tulisan tentang macam-macam rizki manusia yang disebutkan dalam Al-quran. Semoga Allah menganugerahkan kepada kita rizki yang halal dan berkah. Aamiin.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement