Apakah Spirit 212, Titik Awal Kebangkitan Islam?

Apakah Spirit 212, Titik Awal Kebangkitan Islam?

Fikroh.com – Apakah 212, dan segala hal yang  membersamainya  akan menjadi titik awal kebangkitan kaum muslimin? Terkhusus di Indonesia.

Sangat berat untuk memastikan jawaban pertanyaan ini. Tetapi biarlah  waktu yang akan menjawab. Hanya saja, kita tentu sepakat bahwa aksi 212 dan segala perkara yang mengiringinya adalah fenomena tak terbantahkan bahwa riak-riak kebangkitan itu ada. Bahwa masyarakat kita, sedang  merindukan Islam, walaupun gambaran Islam yang mereka rindukan, mungkin beragam.

Islam dengan segala kelebihannya memang pantas menguasai dan mengendalikan dunia di akhir zaman. Dalam karya monumentalnya, “almuslimun wal Hadharah al-Gharbiyah” Syaikh Dr. Safar al-Hawali, mengajukan sebuah pertanyaan pada bab ke-11 “Liman al-Mustaqbal?” -siapa yang memegang masa depan dunia?-

Setelah menguraikan permasalahan dunia Islam dan Barat dengan panjang lebar, beliau menyimpulkan, “Islam-lah yang akan memimpin dunia.” 

Dalam buku yang membuat penulisnya dipenajara oleh rezim Saudi ini, ada beberapa argument yang beliau kemukakan. Diantaranya;

Pertama: Janji-janji (bisyarah) dari Rasulullah Allah SWT dan Rasul-Nya. Sebagaimana yang tersebut dalam ayat dan hadits-hadits. Diantaranya:

Allah SWT berfirman;

وَلَقَدْ كَتَبْنَا فِي الزَّبُورِ مِنْ بَعْدِ الذِّكْرِ أَنَّ الْأَرْضَ يَرِثُهَا عِبَادِيَ الصَّالِحُونَ

“Dan sungguh telah Kami tulis didalam Zabur, sesudah (Kami tulis dalam) Lauh Mahfuzh, bahwasanya bumi ini dipusakai hamba-hambaKu yang saleh.” (Qs. Al-Anbiya’: 105)

Dalam ayat lain, Allah SWT berfirman;

وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الْأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَى لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِنْ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا يَعْبُدُونَنِي لَا يُشْرِكُونَ بِي شَيْئًا

“Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman diantara kamu dan mengerjakan amal-amal yang shalih bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhaiNya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan merubah (keadaan) mereka, sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentausa. Mereka tetap menyembahKu dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku.”  (Qs. An-Nuur: 55)

Rasulullah SAW bersabda;

إِنَّ اللهَ زَوَى لِي الْأَرْضَ، فَرَأَيْتُ مَشَارِقَهَا وَمَغَارِبَهَا، وَإِنَّ أُمَّتِي سَيَبْلُغُ مُلْكُهَا مَا زُوِيَ لِي مِنْهَا

“Sesunggunya Allah SWT membentangkan kepadaku seluruh bumi. Sehingga, aku melihat barat dan timur bumi. Dan sesungguhnya kerajaan umatku akan sampai ke bumi yang dibentangkan kepadaku.”(HR. Muslim)

Beliau juga SAW bersabda;

لَيَبْلُغَنَّ هَذَا الْأَمْرُ مَا بَلَغَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ، وَلَا يَتْرُكُ اللهُ بَيْتَ مَدَرٍ وَلَا وَبَرٍ إِلَّا أَدْخَلَهُ اللهُ هَذَا الدِّينَ، بِعِزِّ عَزِيزٍ أَوْ بِذُلِّ ذَلِيلٍ، عِزًّا يُعِزُّ اللهُ بِهِ الْإِسْلَامَ، وَذُلًّا يُذِلُّ اللهُ بِهِ الْكُفْرَ

“Agama ini akan menyebar sejauh jarak yang dicapai malam dan siang, dengan kemulian orang yang mulia dan kehinaan orang yang terhjina ; yaitu kemuliaan yang dengannya Allah akan memuliakan Islam dan penganutnya, dan menghinakan kesyirikan dan pengikutnya”.(HR. Ahmad)

Kedua: Mukjizat Islam pada akhlak, dan ideologi/akidah-nya yang tidak dimiliki oleh bangsa manapun. Apalagi Barat dan komunis.

Keyakinan bahwa segala sesuatu berada di tangan Allah SWT; pertolongan hanya dari Allah SWT; Allah SWT akan menolong orang-orang beriman; orang-orang kafir adalah manusia dimurkai oleh Allah SWT; dan beberapa akidah lainnya, membuat seorang umat Islam lebih optimis meraih kemenangan daripada orang-orang non muslim.

Demikian juga akhlak; membantu orang terdzalimi, kewajiban menolong sesama muslim, saling mencintai, sabar, syukur, tawakkal, qona’ah, zuhud, senyum, sapa, berani, jujur, adil, musyawarah, dermawan, cinta mati syahid, dan sejenisnya adalah akhlak dasar seorang muslim. Ini akan mengantarkannya kepada kemenangan. 

Salah seorang jenderal Amrik yang bertanggung jawab terhadap kamp Guantanamo berujar;

“Biasanya tahanan dari berbagai bangsa seperti Jepang, Cina atau negara-negara Eropa, di sini hanya bertahan selama enam bulan.

Ajaibnya, umat Islam bisa bertahan bertahun-tahun; mereka saling menyapa sesama, menolong, shalat & dzikir bersama-sama, membaca alQur’an dengan khusyu’ dan tenang. Mereka saling menyapa dan kasih saying, padahal mereka belum saling mengenal sebelumnya.

Bahkan banyak sipir penjara yang tertarik dan hormat kepada mereka, serta keyakinan yang mereka anut. Ini tidak pernah kita temukan di dunia Barat.” (Dinukil dari al-Muslimun wal Hadharah al-Gharbiyah)

Di saat bersamaan, konsep-konsep kejiwaan ini, tidak dimiliki oleh orang-orang Barat dan kafir lainnya. Sehingga, kejiwaan mereka rusak parah, dan kering mengeras. 

Ketiga: Pengakuan tokoh dan pemikir Barat atas kehebatan Islam dan kekuatan ideologinya yang tidak dimiliki oleh Barat, maupun komunis.

Misalnya, Shadi Hamid,  pakar politik Barat-Timur Tengah ini, dalam bukunya Islamic Exceptionalism: How The Struggle Over Islam Is Reshaping The World,  menulis;

“Islam itu luar biasa. Ia mengatur hokum, politik, dan pemerintahan. Secara historis, Islam telah terbukti tahan terhadap sekularisasi, dan saya berpendapat bahwa Islam akan terus bertahan untuk waktu yang lama di masa mendatang.” (dinukil dari www.seraamedia.org )

Terlepas dari siapa saja yang menunggangi aksi 212, tapi sesungguhnya aksi 212 dan berbagai fenomena yang mengiringinya, adalah bukti kuat, bahwa Islam adalah gaya hidup dan ideologi yang memuaskan dan dirindukan oleh generasi-generasi berikutnya.* 

Oleh: Mas’ud Izzul Mujahid, Penulis adalah, Pimpinan Umum Media Islam An-Najah, Direktur Pesantren Animasi al-Fatih, Sekjen ANNAS Jateng, Ketua Lajnah Irsyad DSKS, Anggota MIUMI Solo Raya, Staf Pengajar Ma’had Ali An-Nuur, dan Pembina beberapa Majelis Taklim.

Naskah Ini pernah dimuat di Majalah An-Najah Edisi: 157

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement